Sabtu, 23 Juli 2011

Frozen Smoke | Material Padat Terringan di Dunia

Posted by sense |

Para peneliti telah menciptakan bahan Aerogel baru yang sangat ringan serta memiliki kekuatan yang luar biasa dan kemampuan rentang permukaan yang luar biasa pula. Dijuluki,  frozen smoke,  karena bahannya yang transparan. Aerogel dibuat dari bahan turunan gel dimana komponen cairan gel diganti dengan gas, menghasilkan materi yang dikenal sebagai material padat  terringan didunia. Atau juga  dikenal sebagai "multiwalled carbon nanotube (MCNT) aerogel". Bahan ini dapat digunakan sebagai sebagai sensor untuk mendeteksi polusi dan zat beracun, seperti untuk reaktor kimia dan komponen elektronik.


Meskipun aerogel dapat dibuat dari bahan silika, oksida logam, polimer, dan bahan berbasis karbon dan sudah digunakan dalam isolasi panas pada jendela dan bangunan, raket tenis, spons untuk membersihkan tumpahan minyak. Namun baru sekarang ilmuan berhasil membuat aerogel dari karbon nanotube. Para peneliti ini berhasil setelah melalui banyak kegagalan dalam membentuk bahan gel basah MWCNT. Namun setelah membuang komponen cairan dari gel MWCNT, meraka berhasil membuat MWTNC aerogel monolith dengan kepadatan 4 mg/cm3.

MWTNC aerogel disisipkan kedalam bahan plastik fleksibel, seperti pegas yang dapat merentang ribuan kali, dan jika sebuah nanotube dengan berat satu ons maka ia bisa direntangkan menjadi karpet seluas tiga buah lapangan sepakbola. MWTNC aerogel juga merupakan konduktor listrik yang baik, yang sangat baik digunakan dalam alat pengindraan dan komponen elektronik.

0 comments:

Di klik Aja Broooooo